Pelayanan Eazy Passport Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas


(4/8/2020) Dalam rangka menjalankan surat edaran Plh Direktur Jenderal Imigrasi Tanggal 30 Juni 2020 tentang Eazy Passport, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas melaksanakan kegiatan Eazy Passport di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan pelayanan paspor dan inovasi pelayanan publik di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi serta sebagai langkah progresif dalam peningkatan jumlah penerbitan paspor dan penerimaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Bentuk inovasi kegiatan Eazy Passport ini berupa layanan permohonan langsung dilokasi pemohon yaitu Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Sambas. Kantor imigrasi membawa peralatan penunjang kegiatan dengan prosedur yang sama dengan pelayanan paspor di Kantor Imigrasi. Pelaksanaan kegiatan Eazy Passport yang pertama ini dilaksanakan dengan tetap mengedapankan protokol kesehatan yang ketat. Pada kesempatan tersebut terselesaikan sejumlah 26 permohonan yang terdiri dari 12 Permohonan Baru, dan 14 Permohonan Penggantian.

Pelaksanaan kegiatan dipantau langsung Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas Dadang Munandar bersama Kasi Lalintalkim Putu Agus Sugiarto serta Kasi Tikim Gatot Zulfikar Sidik. Dadang Munandar mengatakan Salah satu fungsi keberadaan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas adalah untuk melayani dan memfasilitasi masyarakat Sambas dalam memperoleh Paspor RI. Selain itu ketentuan pengajuan eazy passport, yakni melayani minimal 50 permohonan per hari, pemohon aparatur pemerintah TNI/Polri/BUMN/BUMD beserta keluarga, dan swasta. Petugas juga melayani pembuatan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku atau halaman penuh. Kegiatan ini diapresiasi baik oleh Kepala Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan M. Yayan Kurniawan. Yayan berpendapat pelaksanaan kegiatan tersebut tentu juga akan diterima baik oleh dinas lainnya di Kab. Sambas. Kegiatan Eazy Passport ini kedepannya akan terus dilakukan dengan tetap dilakukan evaluasi sehingga kualitas pelayanan semakin baik.

 



FORM KOMENTAR