PELAYANAN PASPOR KANTOR IMIGRASI SAMBAS PADA ERA NEW NORMAL


IMIGRASI SAMBAS - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas telah membuka pelayanan sejak Senin (15/6/2020). Menurut Kepala Kantor imigrasi Kelas II TPI Sambas, Iwan Suwanda, jajarannya telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-0946 Tahun 2020 untuk menjamin kesehatan petugas dan juga masyarakat dalam adaptasi tatanan kebiasaan baru.

"Sejak Senin, (15/6/2020) lalu, Kantor Imigrasi kelas II TPI Sambas sudah membuka pelayanan. Khusus untuk penerbitan paspor, antrean paspor online sudah kita buka melalui akses aplikasi APAPO," ujar Iwan Suwanda, Rabu (24/6/2020).

Dalam pelayanan di kantor, petugas Imigrasi telah menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, pelindung wajah (face shield), sarung tangan. Dan di meja loket dan foto paspor telah dipasang sekat pembatas yang membuat jarak antar petugas dan pemohon paspor yang datang. Kursi tunggu untuk pemohon juga diberikan batas dalam penerapan physical distancing.

"Selain itu pemohon paspor yang datang diwajibkan untuk menggunakan masker, petugas akan mengarahkan pemohon untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu, kemudian masuk ke bilik disinfektan, dan nanti akan diukur suhu tubuhnya oleh petugas," kata Iwan.

Terkait paspor, pelayanan yang dilakukan meliputi Permohonan Paspor Baru, Penggantian Paspor Karena Habis Masa Berlaku, Penggantian Paspor Karena Rusak, Penggantian Paspor Karena Hilang, dan Penggantian Paspor Perubahan Data.

Sedangkan untuk kuota pelayanan paspor, sesuai dengan edaran, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas hanya membuka 50 persen kuota dari hari normal. Sedangkan untuk Lansia, yang sakit, dan difabel bisa langsung hadir ke kantor untuk dilakukan pelayanan.

“Untuk menerapkan physical distancing, sesuai dengan edaran dari Direktur Jenderal, kita hanya membuka 50 persen kuota dari hari normal setiap harinya, jadi kita hindari penumpukan pemohon,” kata Iwan. (glh)



FORM KOMENTAR