POS LINTAS BATAS (PLB) TEMAJUK

Pos Lintas Batas (PLB) Temajuk, Terletak di Desa Temajuk Dusun Camar Bulan Kecamatan Paloh.

Daerah Temajuk  baru ditetapkan sebagai Pos Lintas Batas (PLB / Border) yang disepakati antara Republik Indonesia dan Malaysia yaitu dalam perjanjian Bilateral pada tanggal 12 Januari 2006 di Bukittinggi  atas dasar hubungan persahabatan antara Republik Indonesia dan Malaysia. atas dasar perjanjian tersebut di bangunlah Pos Lintas Batas yang di tujukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan khususnya dalam masalah perlintasan orang. Dimana di antaranya daerah Temajuk termasuk wilayah perbatasan Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan daerah Teluk Melano yang merupakan daerah wilayah Malaysia. Adapun setiap masyarakat Temajuk yang ingin berkunjung ke wilayah Teluk Melano dengan menggunakan sarana jalan darat.  Namun hingga sekarang belum ada PLB di wilayah Teluk Melano sehingga pada saat ini Pengurusan Dokumen Keimigrasian tiap masing-masing masih menggunakan Pas Lintas Batas Partner Temajuk dan Sematan. Untuk pengawasan Keimigrasian di daerah Temajuk sementara masih dilakukan oleh petugas PLB Liku / Paloh.

Desa Temajuk, tidak sama dengan pulau Temajo. Meskipun sama-sama berada di Kalbar tapi keduanya terpisah ratusan kilometer jauhnya. Pulau Temajo hanya sekitar 70 Kilometer dari Pontianak (dalam Kabupaten Pontianak) sedangkan Temajuk adalah bagian Desa dari Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas yang berbatasan langsung dengan Teluk Melano, Malaysia.

Desa ini tidak memiliki sarana telepon dan listrik. Jika pun ada hanya listrik tenaga surya berkekuatan maksimum 300 watt, itu pun hanya puluhan warga memperolehnya. Jika warga mempunyai usaha nelayan dan kebun dan berpenghasilan lumayan, warga tersebut menyiapkan generator (genset) pribadi untuk rumah dan usahanya.

Desa Temajuk, pernah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) bantuan Pemerintah Daerah. Tenaga listrik ini menggunakan air sebagai penggerak genaratornya. Listrik ini diresmikan pada 10 Februari 2012. Tapi tidak lama kemudian papan sirkuit untuk mendistribusikan listrik ke luar gardu terbakar. Akibatnya listrik hanya sempat dinikmati sebulan oleh warga setempat

Desa Temajuk adalah sebuah desa yang terdapat di Kecamatan Paloh yang menyatakan bahwa Kecamatan Paloh merupakan kecamatan pantai yang berada di wilayah Kabupaten Sambas dan terletak di wilayah perbatasan dengan Negara Malaysia Timur (Serawak)

1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Laut Cina Selatan
2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Galing
3. Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Sajingan Besar & Serawak
4. Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Natuna