Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing Kec. Sebawi

Rabu, 10 Maret 2021 Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas bersama Tim Pengawasan Orang Asing Kec. Sebawi Kab. Sambas melakukan kegiatan Operasi Gabungan yang dilaksanakan di desa Sebedang Kec. Sebawi. Dalam Kegiatan Tersebut Tim Pengawasan Orang Asing Kec. Sebawi yang diantaranya Koramil 01 Sambas, Polsek Sebawi, Kantor Camat Sebawi, Dinas Kesehatan Sambas, Pemdes Sebedang dan Kodim 1208 menuju tempat kediaman salah satu Orang Asing di wilayah Kec. Sebawi.

Kegiatan ini dalam rangka menjaga tetap terpeliharanya keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing, dengan mengacu kepada kebijakan pemerintah dibidang keimigrasian yaitu selective policy bahwa visa hanya diberikan kepada Orang Asing yang memberikan manfaat serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum untuk diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen yang dimiliki oleh orang asing dan tidak ditemukan pelanggaran yang dilakukan dan yang bersangkutan dalam kondisi yang baik.

Tim yang dipimpin oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian M. Denny Ridwan melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu di ruang rapat Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, rapat koordinasi tersebut untuk menyamakan persepsi serta membangun sinergitas dan kolaborasi dalam melakukan tukar menukar informasi terkait orang asing yang berada di wilayah Sambas khususnya di wilayah Kec. Sebawi. Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Abdullah menyambut baik dan mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin dalam Tim Pengawasan Orang Asing dan Operasi Gabungan Ini.

Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) sangat penting sebagai wadah koordinasi dan sinergitas pengawasan orang asing sesuai dengan tugas Pokok dan fungsi masing-masing institusi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.