Pelayanan Easy Paspor di Kemenag Kab. Sambas

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas melaksanakan kegiatan pelayanan pembuatan paspor secara kolektif yang disebut pelayanan "Eazy Paspor". Kegiatan Eazy Paspor kali ini dilaksanakan di ruang pelayanan haji pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas. Pada kegiatan tersebut dilakukan pelayanan kepada 24 calon jamaah haji kabupaten sambas yang masa berlaku paspornya sudah habis. Pada sambutannya H. Sipni kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas mengapresiasi kegiatan ini, dimana kegiatan Eazy Paspor ini adalah pertama kali dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas. Menurut H. Sipni kegiatan ini sangat membantu dan memudahkan sekali pelayanan kepada jemaah haji, sehingga calon jemaah tidak perlu berdesakan dengan antrian paspor pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas.

Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Maret 2021 ini juga dipimpin langsung oleh Abdullah, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas. Dalam sambutannya, Abdullah sangat berterimakasih atas sambutan dari Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas dan berharap kedepannya dapat terus bekerjasama dalam pelayanan keimigrasian. Tidak lupa Kasi Lalintalkim tersebut juga memberikan pesan kepada Calon Jamaah Haji Kab. Sambas yang mendapatkan Pelayanan Eazy Paspor agar dapat menjaga paspor yang sudah dibuat agar tidak rusak ataupun hilang, karena pada dasarnya paspor tersebut bisa dipergunakan untuk perjalanan keluar negeri tidak hanya untuk perjalanan haji dan jika hilang ataupun rusak dapat dikenakan sanksi berupa denda.

Eazy Paspor adalah program yang diluncurkan Direktorat Jenderal Imigrasi berupa pelayanan paspor tanpa perlu ke kantor imigrasi karena petugas akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan. Seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan. Paspor yang sudah jadi nantinya bisa diambil secara perwakilan atau bisa juga dikirim ke rumah melalui jasa PT Pos Indonesia.

Program pelayanan Eazy Passport menyasar komunitas besar seperti pegawai di perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi. Dalam pelaksanaannya, program pelayanan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran Covid-19.