Pelayanan Eazy Passport di BPS Kab. Sambas

Masa pandemi tahun 2021 ini tidak menghalangi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas untuk tetap melaksanakan kegiatan. Dalam rangka meningkatkan pelayanan keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas melaksanakan pelayanan Eazy Pasport. Kali kegiatan dilaksanakan di Kantor Badan Pusat Statistik Kab. Sambas. Sejumlah 16 permohonan selesai dilaksanakan yang terdiri dari permohonan paspor baru dan penggantian paspor.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas Dadang Munandar. Dalam sambutannya Dadang Munandar menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat dapat merasakan hadirnya Kantor Imigrasi di tengah-tengah masyarakat apalagi dimasa pandemi, kegiatan seperti ini  dapat meminimalisir resiko karena pemohon tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi karena pemohon akan dilayani ditempat masing-masing secara kolektif pada kesempatan kali ini di Kantor BPS Kab. Sambas.

Selain itu pada kesempatan tersebut Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Sambas Suwandi, S.E, M.M mengapresiasi kegiatan Eazy Pasport yang dilaksanakan kali ini karena sangat memudahkan bagi pegawai dan keluarga di lingkungan kantor BPS Kab. Sambas dalam melakukan permohonan paspor. Kegiatan kali ini juga menjadi silaturahmi antar kedua instansi agar komunikasi dapat terjalin dengan baik.

Eazy Paspor adalah program yang diluncurkan Direktorat Jenderal Imigrasi berupa pelayanan paspor tanpa perlu ke kantor imigrasi karena petugas akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan. Seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan. Paspor yang sudah jadi nantinya bisa diambil secara perwakilan atau bisa juga dikirim ke rumah melalui jasa PT Pos Indonesia.

Program pelayanan Eazy Passport menyasar komunitas besar seperti pegawai di perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi. Dalam pelaksanaannya, program pelayanan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran Covid-19.

Share

Google+ Pinterest LinkedIn