Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Kec. Sambas

Selasa (15/06/2021) bertempat di ruang rapat Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas digelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TimPora) yang dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, Dadang Munandar.
Pada kegiatan rapat koordinasi yang dihadiri unsur-unsur Kepolisian, TNI, Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah, dan instansi lainnya, Dadang Munandar menyampaikan bahwa Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap orang asing saat ini menghadapi tantangan yang cukup berat, Diadakannya rapat koordinasi ini, tentu saja untuk menyamakan persepsi, membangun sinergitas dan kolaborasi dalam melakukan tukar menukar informasi terkait orang asing yang berada di wilayah Kementerian Hukum dan Kalimantan Barat serta penyusunan rencana operasi gabungan yang bersifat khusus atau insidentil. Unsur-unsur yang menjadi bagian dari Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tersebut mempunyai tugas memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi terkait terhadap keberadaan dan pengawasan orang asing. Pengawasan terhadap orang asing harus dilakukan sesuai ketentuan demi tegaknya kedaulatan Negara Republik Indonesia, tambahnya.

Selain itu dalam rangka mengefektifkan pengawasan orang asing, Dirjen Imigrasi juga membuat Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA). Hal ini terkait juga dengan penegakan UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian Pasal 72 (2) yang mewajibkan pemilik atau pengurus tempat penginapan wajib memberikan data mengenai orang asing yang menginap di tempat penginapannya. Melalui aplikasi APOA tersebut dapat diperoleh data orang asing di wilayah Indonesia sesuai dengan izin masuk, visa, dan izin tinggalnya melalui data yang dilaporkan secara online, terangnya lagi.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas melalui Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian senantiasa giat dan rutin melakukan kegiatan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah kerjanya yang meliputi 1 Kabupaten, 19 Kecamatan dan 193 Desa.




Share

Google+ Pinterest LinkedIn